Profil

Indonesia sebagai negara berkembang saat ini sedang melakukan pembangunan baik fisik maupun non fisik. Salah satu syarat pembangunan fisik harus memenuhi jaminan keselamatan, keamanan, kenyamanan serta keberlanjutan lingkungan hidup. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas yang salah satunya adalah Insinyur Profesional.

Di sisi lain, dalam era globalisasi dengan diratifikasinya kerjasama bilateral maupun multinateral seperti AFTA, CAFTA dan MEA memungkinkan tenaga kerja insinyur untuk bekerja melintasi batas-batas Negara dengan persyaratan tertentu. Untuk memasuki wilayah Negara-negara ASEAN, para insinyur harus mempunyai sertifikat National Registered Engineer (NRE) yang diakui Negara masing-masing, Asean Chartered Professional Engineer (ACPE), dan Registered Foreign Professional Engineer (RFPE) berdasarkan kesepakatan timbal balik mengenai jasa keinsinyuran di ASEAN yaitu Asean Mutual Recognition.

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta didirikan dalam rangka menjalankan amanah Undang-undang No. 11 Tahun 2014 tentang keinsinyuran dan mandat yang diberikan Direktorat Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 673/CC4/KL/2016 tentang Penugasan Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur pada Universitas Negeri Yogyakarta yang dilanjutkan dengan ijin operasional No. 217/KPT/I/2017. PSPPI UNY bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja professional dalam mendukung pembangunan nasional maupun tantangan globalisasi tenaga kerja di wilayah Asia Tenggara, Asia Pasifik dan dunia terhadap kebutuhan tenaga kerja Insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab serta memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi.