Jalur Rekognisi Pembelajaran Masa Lampau (RPL) / Portofolio

PSPPI UNY menerima mahasiswa melalui RPL* bagi calon mahasiswa yang sudah mempunyai pengalaman bekerja di bidang keinsinyuran dengan ketentuan

  1. Sarjana teknik atau sarjana teknik terapan dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, dan Teknik Sipil yang telah memiliki pengalaman kerja dalam praktek keinsinyuran pada bidang yang sesuai selama minimal 2 ( dua) tahun.
  2. Sarjana Teknik lain, Sarjana Sains, Sarjana Pendidikan bidang Teknik yang telah mengikuti program penyetaraan dengan sarjana teknik atau sarjana terapan bidang Teknik yang sesuai dan memiliki pengalaman kerja bidang keinsinyuran lebih dari 5 (lima) tahun.
    Keterangan:
    • Pengalaman kerja di bidang keinsinyuran minimal 3 (tiga) tahun untuk dapat disetarakan menjadi Sarjana Teknik (ST) atau Sarjana Teknik Terapan (S. Tr);
    • Pengalaman kerja di bidang keinsiyuran berikutnya minimal 2 (dua) tahun sebagai persyaratan mengikuti pendidikan di PSPPI.
  3. Menyerahkan Formulir Aplikasi Insinyur Universitas Negeri Yogyakarta (FAI) bagi calon mahasiswa jalur RPL sesuai format yang ditetapkan oleh PSPPI UNY [ Formulir dapat diunduh di sini ]. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan Kontak Email: psppi@uny.ac.id.
  4. Jumlah SKS yang diakui (dinyatakan lulus berdasarkan pembelajaran lampau) dihitung berdasarkan hasil penilaian dokumen FAI calon mahasiswa oleh tim PSPPI UNY.

* Khusus jalur Rekognisi Pembelejaran Lampu (RPL) TANPA KULIAH


Informasi Pendaftaran

Dr. Ir. Drs. Eko Marpanaji, MT, IPM.
HP/WA : 08164264136